Tips Menghilangkan Bau Mulut Yang Membandel

Share Tips Unik ke temen kamu

Halitosis atau bau mulut merupakan salah satu hal yang sangat dihindari dan tidak diinginkan oleh semua orang. Hal ini dikarenakan bau mulut dapat membuat seseorang tidak nyaman dalam bersosialisasi dan sangat memalukan. Akan tetapi, masalah bau tidak sedap pada mulut dapat dengan mudah diatasi dengan berbagai macam cara. Untuk mengetahui cara yang dapat berguna dalam mengatasi bau mulut dengan efektif, kita perlu tahu terlebih dahulu penyebab bau mulut tersebut. Umumnya, bau mulut disebabkan oleh berkembangnya bakteri pada sekitar gusi, gigi serta lidah. Bakteri yang berkembang di sekitaran daerah-daerah tersebut merupakan akibat dari kebersihan gigi yang kurang terjaga. Setelah mengetahui penyebabnya, maka menghilangkan bau mulut dapat dilakukan dengan mudah dan secara mandiri. Beberapa cara yang dapat membantu mengatasi permasalahan bau mulut meliputi mengatur kebiasaan serta asupan makanan dan minuman.

Tips ini bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut

  1. Hilangkan Kebiasaan Tembakau

Kebiasaan merokok atau mengunyah tembakau dapat merusak gusi serta menodai gigi yang akan menjadikan mulut berbau tidak sedap. Selain itu, pada beberapa kasus bau mulut bisa menjadi indikasi awal daripada kanker mulut. Walaupun kebiasaan yang meliputi kecanduan tembakau mungkin sulit untuk patahkan, tetapi sebaiknya lakukan pengurangan atau penghentian secepatnya.

  1. Kebiasaan Mengunyah

Bau mulut dapat dihilangkan dan diatasi dengan melakukan beberapa kebiasaan mengunyah, salah satunya adalah dengan mengunyah permen karet. Dengan mengunyah permen karet, produksi air liur dalam mulut akan meningkat dan mengurangi jumlah bakteri yang terdapat di dalam mulut. Disarankan untuk mengunyah permen karet yang dengan rasa kayu manis (cinnamon) dan juga permen karet dengan xylitol. Selain itu, kebiasaan mengunyah lainnya yang dapat membantu antara lain:

  • Mengunyah kulit jeruk atau lemon – karena mengandung asam sitrat yang dapat meningkatkan air liur dalam mulut.
  • Mengunyah tangkai kemangi, ketumbar, atau mint – karena mengandung klorofil yang dapat menetralisir bau pada mulut.
  1. Kurangi Alkohol dan Kopi

Alkohol dan kopi dapat membuat lingkungan pada sekitar mulut lebih ramah bagi bakteri yang menyebabkan bau mulut. Untuk bau mulut atau napas yang lebih segar, batasi konsumsi alkohol dan kopi per harinya. Selain itu, alangkah baiknya untuk menjaga kebersihan mulut yang baik setelah mengkonsumsi minuman-minuman ini. Hal ini bisa dilakukan dengan membilas mulut dengan air bersih setelah konsumsi alkohol atau kopi, lalu setelahnya sikat gigi dengan baik sekiranya 30 menit kemudian. Sebagai tambahan, perbanyaklah meminum air mineral karena kondisi mulut kering merupakan salah satu penyebab bau mulut. Dengan mengkonsumsi banyak air mineral, partikel makanan yang tersisa dalam mulut dapat terhilangkan serta menjadikan tubuh lebih sehat.

  1. Menjaga Kebersihan Mulut

Kebersihan gigi dan mulut merupakan kunci utama dalam menjaga napas dan bau mulut tetap segar. Beberapa hal yang dapat dilakukan guna untuk menjaga kebersihan mulut antara lain:

  • Menyikat gigi dan membersihkan sela-sela gigi secara teratur

Dengan kebersihan gigi dan mulut yang kurang merupakan penyebab utama akan bau mulut, maka menyikat gigi dan membersihkan sela gigi secara teratur sangat disarankan. Usahakan menyikat gigi sebanyak dua kali dalam sehari dengan memastikan menyikat pada setiap permukaan gigi. Selain itu, gunakan dental floss untuk membersihkan sisaan makanan pada gigi dan gusi.

  • Gunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur dapat membantu menghilangkan bau mulut dengan cara melindungi mulut dari bakteri. Disarankan untuk menggunakan obat kumur yang mengandung klorin dioksida (chlorine dioxide) karena dapat membunuh bakteri hingga sampai ujung belakang lidah. Pastikan juga untuk membilas keseluruhan mulut dengan obat kumur sebelum dan setelah menyikat gigi, flossing, dan menggosok lidah untuk menetralisir bakteri yang tersisa secara keseluruhan.

  • Membersihkan lidah

Menjaga kebersihan mulut tidak hanya melingkupi menyikat gigi atau flossing saja, tetapi juga membersihkan lidah. Tekstur bergelombang pada lidah dapat menjadi tempat bakteria bersinggah dan menimbulkan bau mulut. Membersihkan lidah bisa dilakukan dengan cara menyikat lidah secara perlahan dan hati-hati dengan bantuan sikat gigi. Mulai menyikat lidah dari bagian belakang menuju ke depan secara teratur, dan pastikan untuk membasuh sikat gigi dengan air pada setiap sikatan.

  1. Monitor Asupan Makanan

Beberapa macam makanan dapat menjadikan bau mulut atau napas tidak segar, diantaranya: asupan karbohidrat yang kurang, dan makanan berbau. Kurangnya asupan karbohidrat dapat meningkatkan “napas keton” yang terjadi akibat lemak pada tubuh yang terurai dibandingkan karbohidrat. Selain itu, makanan berbau dapat memungkinkan bau makanan tersebut terjebak dalam napas selama berjam-jam setelah makan karena badan akan menyerap baunya. Makanan berbau tersebut diantaranya seperti sayuran dalam famili Allium seperti bawang bombay, bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan kucai. Maka dari itu, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi makanan berbau, dan pastikan untuk menyikat gigi setiap setelah mengkonsumsi makanan berbau tersebut.

Dengan menghindari serta membangun kebiasaan-kebiasaan tersebut, bau mulut yang tidak segar dan kurang sedap dapat teratasi dengan mudah. Namun, pada intinya perlu diingat bahwa kondisi gigi dan mulut yang bersih dan sehat dapat menjadikan napas lebih segar.

Baca juga tips kecantikan seputar Cara Unik Menghilangkan Kerutan Dahi

Sebagai tambahan, mengkonsumsi makanan renyah mentah (raw crunchy food) yang dapat membantu menghilangkan bau mulut dengan cara membersihkan gigi yang bekerja secara efektif. Konsumsi makanan renyah mentah atau raw crunchy food ini dapat dinikmati dengan cara mengkonsumsi layaknya sajian salad, yang dapat dibuat atau disajikan dengan cara berikut.

Cara Menyajikan Raw Crunchy Food Untuk Menghilangkan Bau Mulut:

  • Siapkan 1 cup potongan apel, ½ cup kenari hancur, 1 cup seledri potong dadu, ½ cup cranberry kering, dan 1 cup wortel parut.
  • Campurkan seluruh bahan yang sudah disiapkan tersebut dalam wadah mangkuk besar, lalu tambahkan 3 hingga 5 sendok makan yoghurt tanpa rasa (plain) dan tanpa lemak.
  • Sajikan dengan dihiasi beberapa taburan bubuk kayu manis di atasnya sebagai sentuhan akhir.

Keterangan: 1 cup setara dengan 227 gram, dan ½ cup setara dengan 113 gram.

Share Tips Unik ke temen kamu

Tinggalkan Balasan