Tips Mengatasi dan Mencegah Jerawat Dahi

Share Tips Unik ke temen kamu

Jerawat adalah salah satu permasalahan paling menjengkelkan yang dapat memberikan dampak buruk pada fisik dan juga pada psikologis seseorang. Secara garis besar, munculnya jerawat merupakan akibat dari pori-pori kulit yang tersumbat karena adanya kelainan pada hormon dan kelenjar minyak. Jerawat dahi dapat dimiliki oleh pria dan wanita pada jenjang usia apapun.

Jerawat dapat muncul pada kurang lebih seluruh tubuh manusia, dan dahi adalah salah satu tempat yang paling umum untuk jerawat muncul. Hal ini dikarenakan dahi adalah bagian dari “T-Zone”, yang dimana daerah ini merupakan daerah pada wajah yang memiliki kecenderungan tinggi untuk menjadi sangat berminyak. Walaupun begitu, ada banyak alasan lainnya yang dapat menyebabkan area dahi menjadi berjerawat. Beberapa hal yang dapat menjadi pemicu atas kemunculan jerawat pada dahi diantaranya seperti:

  • Faktor genetik
  • Kondisi rambut; misalnya berminyak atau berketombe
  • Tingkat stress yang tinggi
  • Permasalahan hormon dan genetik lainnya
  • Pola makan yang kurang baik dan masalah pencernaan

Dengan memperhatikan beberapa faktor yang dapat memicu ini, potensi akan munculnya jerawat pada daerah paling terekspos di wajah ini dapat teratasi. Jerawat dahi dapat diatasi dengan berbagai cara, mulai dari perubahan gaya hidup hingga pengobatan dan perawatan dokter.

 

Menghilangkan Jerawat Dahi dengan Cara Alami

jerawat dahi

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, banyak cara yang dapat ditempuh untuk menghilangkan jerawat dahi. Namun, jerawat dahi juga dapat diatasi dan dihilangkan dengan beberapa pengobatan alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Metode pengobatan alami ini dapat dilakukan dengan berbagai bahan yang sudah tersedia di kebanyakan rumah. Berikut ini adalah beberapa pengobatan alami tersebut:

  1. Apple Cider Vinegar (Cuka Sari Apel)

Apple cider vinegar adalah salah satu pengobatan alami paling ampuh yang dapat mengatasi berbagai macam masalah, termasuk diantaranya masalah kulit. Aplikasikan sedikit apple cider vinegar pada area dahi yang terdapat jerawat secara langsung. Metode ini dapat dilakukan hingga 2 kali dalam sehari untuk membantu mengatasi masalah jerawat pada dahi.

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang dapat membantu memberantas jerawat serta bekas jerawat. Untuk melakukan metode ini, iris bawang putih dan gosok irisan tersebut perlahan pada area yang terkena jerawat.

  1. Jus Lemon

Vitamin C yang terkandung dalam jus lemon dapat bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dengan cara membuka pori-pori kulit. Hanya beberapa tetes jus lemon yang dibutuhkan untuk diaplikasikan pada daerah jerawat dahi, dan biarkan jus lemon pada area selama 1 malam.

Waktu yang disarankan untuk melakukan metode ini adalah pada malam hari, karena dapat merusak kulit dan menyebabkan noda kulit bila terekspos sinar matahari. Metode ini sebaiknya dilakukan dengan teratur untuk mengurangi jerawat dahi secara signifikan.

Baca juga tips seputar Mengatasi Kemerahan dari Jerawat

  1. Susu

Salah satu manfaat susu dalam merawat kulit adalah kemampuannya dalam mengurangi komedo dan kulit kering terkelupas. Dengan begitu, susu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat pada dahi. Siapkan 1 gelas susu yang sudah direbus serta perasan air jeruk nipis segar, dan campurkan kedua bahan tersebut. Kemudian, basuhlah wajah dengan campuran susu dan perasan jeruk nipis tersebut.

  1. Kulit Jeruk

Kulit jeruk dapat membantu mengobati jerawat berkat kandungan vitamin C yang dimilikinya. Giling halus kulit jeruk, kemudian campurkan dengan air hingga membentuk semacam adonan. Aplikasikan adonan kulit jeruk pada daerah jerawat dan biarkan pada dahi selama kurang lebih 5-10 menit. Setelah itu, bilas adonan kulit jeruk dari wajah hingga bersih dengan bantuan air.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh bekerja sebagai antibiotik yang dapat membantu dalam membunuh bakteri dan kuman yang menjadi penyebab jerawat. Rendam kapas dalam air dan remas kapas untuk mengurangi airnya, kemudian bubuhkan 2 tetes minyak pohon teh pada kapas tersebut. Aplikasikan pada area jerawat dengan cara menepuk kapas secara lembut dan perlahan.

  1. Tomat

Zat antioksidan yang dimiliki tomat dapat bekerja secara efektif untuk menyembuhkan jerawat dan bekas jerawat. Potong 1 buah tomat menjadi 2 bagian, kemudian gosok bagian tomat yang terbuka pada area jerawat. Metode ini dapat dilakukan setiap hari hingga sebanyak 2 kali dalam sehari.

Selain metode-metode tersebut, ada beberapa hal lainnya yang dapat membantu mengatasi jerawat dahi, diantaranya: menghindari menyentuh dahi dengan tangan kotor, eksfoliasi kulit, mencuci wajah dengan sabun muka antibakteri setidaknya dua kali sehari, dan mencuci rambut secara teratur.

Apabila cara-cara tersebut tidak bekerja, ada pengobatan jerawat dahi lainnya yang bisa dicoba seperti: aplikasi benzoil peroksida, serta eksfoliasi menggunakan asam salisilat dan laktat atau pengobatan Glycolic Acid.

Mencegah Jerawat Dahi

“Mencegah lebih baik daripada mengobati” – Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya jerawat pada dahi. Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari terbentuknya jerawat dahi, antara lain:

  1. Menghindari rambut terkena dahi

Membiarkan rambut terkena pada dahi dapat memperburuk jerawat dahi. Apabila tidak ada jerawat pada dahi, minyak dan kotoran yang terdapat pada rambut dapat menyumbat pori-pori dan membentuk jerawat.

  1. Gaya hidup sehat

Mengubah gaya hidup dan kebiasaan dapat membantu untuk mengurangi potensi pemicu jerawat. Beberapa hal yang disarankan diantaranya mengkonsumsi banyak air mineral dan olahraga dengan rutin. Membiasakan diri untuk mengkonsumsi banyak air mineral bertujuan untuk proses hidrasi dan detoksifikasi, sedangkan olahraga bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah menuju kulit yang dapat membantu mencegah serta menghilangkan jerawat dengan cepat.

  1. Mengurangi pemakaian kosmetik

Penggunaan kosmetik dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, sehingga sebisa mungkin penggunaan make up dikurangi. Apabila memungkinkan, biarkan kulit wajah meremajakan sesekali dengan menerapkan beberapa hari bebas make up. Selain itu, pastikan untuk membersihkan make up dari wajah dengan baik sebelum tidur di malam hari.

  1. Gunakan sarung bantal dan seprei yang bersih

Sarung bantal yang tidak bersih dapat mengekspos wajah pada kotoran dan kuman, sehingga menyebabkan minyak menyerap pada kulit terutama daerah T-zone. Dengan demikian, disarankan untuk mencuci sarung bantal setidaknya dua kali seminggu.

  1. Pemilihan produk rambut

Produk rambut berpotensi untuk menyumbat pori-pori, dan menyebabkan iritasi serta jerawat muncul. Hal ini dapat terjadi apabila bahan kimia dan pewangi dari produk rambut menetes ke dahi.

Share Tips Unik ke temen kamu

Tinggalkan Balasan