Tips Backpacker ke Raja Ampat Untuk Liburan Murah

Share Tips Unik ke temen kamu

Bagi para traveller, biaya yang sangat mahal menjadi salah satu kendala yang dihadapi ketika hendak berlibur ke Raja Ampat. Bahkan biaya ke Raja Ampat bisa lebih mahal daripada biaya ke Thailand, atau ke negara Asia Tenggara lainnya. Bagi para travellerd salah satu solusi untuk menekan budget liburan ke surga laut di Indonesia Timur ini yakni dengan melakukan beberapa tips backpacker ke Raja Ampat berikut ini:

tips backpacker ke raja ampat

  • Mempersiapkan dana jauh-jauh hari

Alasan yang membuat biaya liburan ke Raja Ampat mahal adalah sulitnya akses menuju ke tempat wisata tersebut. Hal ini tentu saja membuat biaya transportasi menjadi tinggi. Untuk menyiasatinya, Anda harus mempersiapkan dana jauh-jauh hari untuk membayar makan, sewa kamar, biaya transportasi dan biaya tak terduga lainnya.

  • Liburan mengajak teman

Demi menekan budget liburan, tak ada salahnya berlibur ke Raja Ampat sambil mengajak beberapa teman ke dalam tim backpacker Anda. Dengan begini, beberapa pengeluaran bisa kamu tekan bersama-sama karena bisa dibayarkan dengan patungan. Mulai dari biaya makan, sewa kamar hingga transportasi bisa lebih murah menggunakan cara ini.

  • Memilih waktu liburan yang tepat

Liburan ke Raja Ampat akan lebih menyenangkan apabila dilakukan pada bulan Juni sampai September. Pada waktu tersebut, laut sedang tenang sehingga Anda bisa menikmati keindahan Kepulauan Raja Ampat secara optimal. Salah memilih waktu liburan, bisa-bisa membuat liburan terhalang ombak ganas sehingga Anda tak bisa menikmati keindahan Raja Ampat. Anda tentu tak ingin hal ini terjadi bukan?

  • Mencari promo tiket pesawat

Mencari promo tiket pesawat merupakan tips backpacker ke Raja Ampat yang sering dilakukan oleh para backpacker. Harga tiket pesawat ke Raja Ampat atau ke Kota Sorong bisa mencapai 2 – 3 jutaan. Dengan mencari promo tiket pesawat, Anda bisa memperoleh tiket dengan harga yang lebih murah.

Sebaiknya, belilah tiket pesawat sekitar 3 bulan sebelum jadwal keberangkatan. Sebisa mungkin hindari musim liburan atau peak season karena bisa dipastikan harga tiket pesawat akan melonjak. Di samping itu, usahakan tidak membawa barang terlalu banyak demi menekan biaya bagasi pesawat.

  • Menggunakan kapal ekonomi

Sebagai alternatif menggunakan pesawat, Anda bisa menggunakan transportasi kapal ekonomi demi menekan budget perjalanan. Harga tiket kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menuju Sorong, Papua hanya sekitar Rp 750 ribuan hingga 2 jutaan. Anda harus menjaga kondisi tubuh agar bisa bertahan berada di kapal selama beberapa hari hingga 7 hari perjalanan.

  • Menyewa perahu cepat ke Waisai

Sesampainya di pelabuhan Sorong, Anda bisa menggunakan perahu cepat dan kapal kayu untuk mencapai Kota Waisai, ibu kota dari Raja Ampat. Biaya naik perahu cepat atau kapal fiber Rp 120.000 per orang dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Sedangkan biaya naik kapal kayu Rp 70.000 per orang dengan waktu tempuh sekitar 5 – 6 jam tergantung ombak laut.

  • Memesan penginapan dari awal

Dengan memesan penginapan dari awal, Anda tak perlu repot mencari hotel atau homestay sesampainya di sana. Di Raja Ampat sudah banyak tersedia penginapan mulai dari homestay bertarif ekonomis hingga resort mewah.

Baca juga : Tips Beli Tiket Pesawat Yang Dijamin Hemat Ongkos

Yenkoranu Homestay dan Koranu Fyak Homestay merupakan pilihan yang tepat bagi backpacker karena menerapkan tarif murah sekitar Rp 250 – 300 ribuan per hari sudah termasuk makan tiga kali sehari. Jika ingin menginap di hotel sederhana, Anda bisa memilih Meridien Hotel yang menerapkan tarif per malamnya sekitar Rp 400 ribuan.

Dengan menerapkan tips backpacker ke Raja Ampat di atas, Anda bisa menghemat budget perjalanan bahkan masih bisa menyisihkan uang untuk membeli oleh-oleh. Jadi, liburan murah ke Raja Ampat bukan mustahil lagi kan?

Share Tips Unik ke temen kamu

Tinggalkan Balasan