7 Tips Alami untuk Mengatasi Kemerahan dari Jerawat

Share Tips Unik ke temen kamu

Jerawat merupakan suatu permasalahan kulit yang semua orang segera ingin obati dengan cepat. Selain dengan alasan agar “kecacatan” kulit tersebut terhilangkan dengan cepat, jerawat memang sebaiknya ditangani dengan segera untuk menghindari potensi dari jerawat meninggalkan bekas luka pada kulit. Untuk tujuan tersebut, tahap awal dalam mengobati jerawat dimulai dari menghilangkan kemerahan dari jerawat.

Kemerahan dari acne ini merupakan akibat dari peradangan yang berasal dari aktivitas bakteri dalam pori-pori yang tersumbat. Akan tetapi, peradangan ini sebenarnya adalah tanda dari respon penyembuhan tubuh dalam upaya proses regenerasi jaringan kulit.

7 Tips Alami untuk Mengatasi Kemerahan dari Jerawat

Meskipun kemerahan dan pembengkakan pada jaringan kulit yang diakibatkan dari masalah jerawat merupakan bentuk respon penyembuhan tubuh, kondisi ini cukup menyakitkan serta tak enak dipandang. Namun, kemerahan dari jerawat harus segera diatasi untuk dapat menyingkirkan jerawat dengan cepat.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengobati kemerahan dari jerawat dengan cepat dan alami. Berikut ini adalah 7 tips untuk mengatasi kemerahan dari jerawat, yang diantaranya:

  1. Lidah Buaya

Sifat anti-peradangan (anti-inflamasi) dalam lidah buaya dapat bekerja secara efektif untuk mengobati jerawat dan kemerahannya. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu dalam proses penyembuhan bekas acne. Untuk memanfaatkan khasiat lidah buaya ini, yang harus dilakukan adalah memotong lidah buaya menjadi 2 bagian dan mengekstrak gel dari daunnya. Setelah mengekstrak gel lidah buaya, aplikasikan gel tersebut pada area jerawat sebanyak dua kali dalam sehari.

  1. Aspirin

Kandungan asam salisilat yang terdapat pada aspirin memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat membantu untuk mengurangi kemerahan dari jerawat. Dengan begitu, pembentukan enzim yang menyebabkan peradangan dapat terbantu untuk terhentikan. Cara melakukan metode dengan aspirin, pertama-tama hancurkan aspirin dan kemudian tambahkan sedikit air hingga membentuk semacam adonan. Lalu, oleskan adonan aspirin dengan menggunakan kapas kepada daerah jerawat, dan biarkan adonan hingga mengering. Setelah adonan aspirin mengering, bilas dengan air area jerawat hingga bersih.

  1. Mentimun

Mentimun memiliki sifat astringent yang dapat membantu untuk mengecilkan atau menciutkan, serta kadar air yang tinggi. Dengan kandungan-kandungan tersebut, mentimun merupakan metode pengobatan yang sangat baik untuk mengurangi kemerahan dari jerawat. Mentimun bekerja dengan membatasi pembuluh darah pada kulit yang kemudian akan menjadikan kemerahan berkurang. Metode ini menggunakan mentimun yang baru keluar dari kulkas atau pendingin, karena semakin dingin temperatur daripada mentimun maka pengobatan akan bekerja dengan lebih baik. Dalam pengaplikasiannya, metode pengobatan dengan mentimun ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

  • Secara langsung

Potong mentimun menjadi beberapa irisan, lalu tempatkan irisan mentimun pada daerah yang terkena jerawat. Tahan irisan mentimun pada area tersebut selama beberapa menit, kemudian ganti dengan irisan yang baru setelah irisan mentimun telah menghangat. Metode ini dapat dilakukan selama berulang-ulang kali untuk mengatasi kemerahan dari jerawat.

  • Masker mentimun

Persiapan yang perlu dilakukan untuk menerapkan metode masker mentimun adalah dengan menumbuk mentimun hingga menjadi semacam pasta atau adonan. Setelah mentimun menjadi pasta, langsung terapkan pasta mentimun pada area jerawat.

  1. Obat Tetes Mata

Salah satu cara tercepat dan paling efektif dalam mengurangi kemerahan dari jerawat adalah dengan menggunakan obat tetes mata. Meskipun metode ini mungkin tidak dapat membantu dalam mengurangi peradangannya, tetapi obat tetes mata dapat bekerja dengan sempurna dalam meminimalisir kemerahan dari jerawat.

Dengan menggunakan bantuan kapas, aplikasikan beberapa tetes dari obat tetes mata secara langsung pada area jerawat. Setelah aplikasi obat tetes mata dibiarkan hingga kering, kemerahan dari jerawat dapat ditutup atau disembunyikan dengan concealer.

  1. Kain Panas atau Kantung Teh Hangat

Kain panas atau kantung teh hangat dapat membantu untuk membuka pori-pori serta membersihkan kulit dari kulit mati, kotoran dan minyak. Metode pengobatan ini bekerja dengan cara mengeluarkan bakteri serta nanah pada jerawat, sehingga menjadikan kulit bersih dan bebas dari acne.

Untuk melakukan metode ini, siapkan air panas yang temperaturnya hampir terlalu panas untuk disentuh dengan tangan. Rendam kain atau kantung teh ke dalam air panas tersebut, kemudian aplikasikan pada daerah jerawat. Pegang kain atau kantung teh secara perlahan pada daerah tersebut selama kurang lebih 30 hingga 60 detik. Setelahnya, cuci wajah dengan sabun muka yang disarankan, dan apabila mungkin gunakan sabun muka dengan scrub karena dapat membantu menghilangkan kotoran yang telah ditarik keluar ke permukaan kulit.

  1. Es

Menggunakan es pada jerawat dapat membantu untuk meredakan peradangan akibat jerawat hormonal. Layaknya mengobati cedera olahraga, pengaplikasian temperatur dingin bertujuan untuk memperlambat sirkulasi daerah pada area tersebut serta mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jaringan yang terluka.

Terapkan es dengan menggunakan kertas tissue (paper towel) pada area jerawat selama 20 menit, kemudian lepas dari area selama 20 menit sebelum dapat diaplikasikan kembali. Pastikan untuk melakukan metode ini dengan interval 20 menit, karena apabila diterapkan terlalu lama dapat menyebabkan peradangan bertambah buruk. Metode pengobatan ini dapat dilakukan secara berulang setidaknya dua kali atau lebih untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

  1. Lemon

Lemon dapat membantu untuk membersihkan kotoran yang berada di pori-pori kulit berkat sifat asam (acidic) yang terkandung didalamnya. Dengan begitu, lemon dapat sangat bermanfaat untuk mengobati kemerahan dari jerawat. Dalam menjalani metode ini, hal yang harus dilakukan adalah mengusap sepotong lemon secara langsung ke daerah jerawat. Biarkan lemon pada daerah tersebut selama beberapa jam, kemudian cuci wajah dengan air hingga bersih. Mencuci wajah setelah aplikasi lemon juga dapat dilakukan dengan air perasan lemon yang dicampurkan dengan air mawar.

Baca juga : Tips Unik Menghilangkan Kerutan Dahi

7 metode pengobatan tersebut dapat membantu untuk menyingkirkan kemerahan dari jerawat. Akan tetapi, akan lebih baik untuk meningkatkan efek pengobatan tersebut dengan meminum banyak air mineral, melakukan eksfoliasi setiap minggu, mengkonsumsi vitamin yang tepat untuk tubuh, dan mencuci muka setiap harinya dengan sabun wajah yang berkualitas.

Share Tips Unik ke temen kamu

Tinggalkan Balasan